You can be happy or you can be unhappy. It's just according to the way you look at things. - Walt Disney

Kamis, 14 Agustus 2014

Tugas DNS Server

8/14/2014 07:28:00 AM Posted by Visy Noor Widinda No comments
Pengertian DNS Domain Name System adalah sebuah layanan internet yang menerjemahkan nama domain menjadi alamat Internet Protocol (IP). DNS secara otomatis mengkonversi nama ketika ada mengeketik alamat di adress bar web browesr ke alamat IP dari server Web hosting situs tersebut.
DNS menerapkan database terdistribusi untuk menyimpan nama dan informasi alamat untuk semua host publik di internet. Database DNS berada pada database server khusus. Ketika sebuah clien seperti browser Web melakukan permintaan dan ternyata bermasalah yang melibatkan nama host Internet, maka sebuah software yang disebut DNS resolver (biasanya dibangun ke dalam sistem operasi jaringan) akan mengkontak server DNS untuk menentukan alamat IP server.
Jika server DNS tidak berisi pemetaan yang dibutuhkan, maka pada gilirannya akan meneruskan permintaan ke server DNS yang berbeda pada tingkat yang lebih tinggi dalam hirarki. Setelah beberapa berpotensi untuk forward dan pesan delegasi dikirim dalam hirarki DNS, alamat IP untuk host yang diberikan akhirnya tiba di resolver, yang pada gilirannya melengkapi permintaan over Internet Protocol.


FUNGSI DNS
a.       Kerangka Peraturan pengiriman secara kontroversi menggunakan keuntungan jenis rekod DNS, dikenal sebagai rekod TXT.
b.      Menyediakan keluwesan untuk kegagalan computer,Beberapa server DNS memberikan perlindungan untuk setiap domain. Tepatnya,Tiga belas server akar (root server) digunakan oleh seluruh dunia.

KEUNGGULAN DNS
1.      DNS mudah untuk di implementasikan di protocol TCP/IP
2.      DNS server mudah untuk di konfigurasikan (Bagi admin)
3.      User tidak lagi di repotkan untuk mengingat IP address

KEKURANGAN DNS
1.      DNS tidak mudah untuk di implementasikan
2.      Tidak konsisten
3.      Tidak bias membuat banyak nama domain.

Cara Kerja DNS Server
1.      Resolvers mengirim queries kepada name server. Resolvers merupakan program DNS Client yang berjalan di komputer user yang menghasilkan DNS request dan bertugas untuk menjawab pertanyaan tentang domain kepada program aplikasi (seperti Internet Explorer, Netscape Navigatoe, Mozilla dan lain-lain)
2.      Name server (DNS Server) ngecek queries itu menuju lokal database atau mengubungi name server yang lain. Jika sudah ditemukan, ia akan mengembalikan lagi ke resolvers. Tapi jika ada kesalahan maka akan muncul message failure note atau pesan kesalahan.
3.      Resolvers menghubungi host yang dituju dengan menggunakan IP address yang diperoleh dari name server.

Jenis DNS Server
Jenis server DNS merujuk pada jenis zone dimana server tersebut hosting – atau, dalam kasus server Cache-only (sever DNS yang hanya berfungsi sebagai cache) dia tidak hosting sama sekali.

a.       Primary name server
1.      Menyimpan copy dari file zone untuk zone tersebut, pusat dari update zone.
2.      Perubahan atau update yang dibuat pada suatu zone dibuat pada primary server.
3.      Dengan Windows 2003, anda dapat men-deploy primary zone sebagai standard primary zone atau primary zone terintegrasi dengan active directory.


b.      Secondary name server
Suatu rekomendasi dalam spesifikasi design, bisa memberikan offload traffic permintaan DNS di suatu area yang mempunyai load permintaan dan pengunaan yang sangat besar.
1. Sebagai copy backup dari file zone jika primary server down
2. Disimpan terpisah secara physic
3. Membuat Pointer ke primary name server dan melakukan transfer zone secara periodic.

c.       Caching name-server
1.      Tidak hosting zone manapun
2.      Tidak authoritative untuk suatu zone manapun
3.      Sebagai cache lookup saja, terbatas apa yang dia cache saat dia meresolve permintaan dari clients.
4.   Melakukan permintaan DNS dan menyimpan hasilnya


0 komentar:

Posting Komentar