You can be happy or you can be unhappy. It's just according to the way you look at things. - Walt Disney

Minggu, 24 Agustus 2014

Tugas Sistem Operasi Jaringan

8/24/2014 07:57:00 PM Posted by Visy Noor Widinda No comments
Sistem operasi atau operating system adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi atau program-program yang bejalan dalam suatu komputer atau PC. Singkatnya, sistem operasi merupakan program dasar dari sebuah computer.
Macam macam sistem operasi computer:

1. DOS
DOS adalah sistem operasi yang menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna komputer pada dekade tahun 1980-an. 

Kelebihan :
DOS menampilkan program yang lebih "realistis" dibandingkan windows karena beberapa command dari windows itu sendiri mengadaptasi dari DOS (misalkan command virus untuk menyembunyikan attribut).

Kekurangan :
DOS masih menggunakan Command Line Interface. Windows yang sekarang (NT Tech) tidak begitu kompatibel dengan program DOS, sebagai contoh apabila  menjalankan program DOS tanpa lewat CMD, langsung ditutup sama Windows


2.  Windows
Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Sistem operasi Windows adalah hasil evolusi dari MS-DOS,  sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line.

Kelebihan :
  1. Tampilan grafik yang lebih menarik karena berbasiskan Graphical User interface (GUI). 
  2. Pengguna akan lebih mudah menggunakannya tanpa perlu menghafal. 
  3. Dengan SO ini suatu data dapat dipakai bersama dan dapat dipindahkan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan mudah. 


Kekurangan :
  1. Harga lisenci mahal.
  2. Rentan terhadap virus dan worm. 
  3. Tidak ada sistem keamanan yang tangguh, kecuali MS Windows 2000 dan XP, pada MS Windows 9.x/Me.


3. UNIX  
UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), danInstitut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA).

Kelebihan :  
  1. Portabilitas, sistem UNIX mudah diadaptasikan ke sistem komputer yang lain
  2. Multiuser, sejumlah pemakai (user) dapat menggunakan sistem secara bersamaan dan berbagi sumber seperti penggunaa  printer, disk, dll. 
  3. Multitasking, memungkinkan seseorang dapat melaksanakan beberapa tugas pada saat yang bersamaan
  4. Sistem file hirarkikal, pengorganisasian informasi atau data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan diakses.
  5. Sistem file stabil untuk database, server Internet, Intranet, file-server, Internet-client pengembangan Java. 


Kekurangan :
  1. Visualisasinya tidak menarik. 
  2. Memori yang digunakan besar. 
  3. Masih belum banyaknya game-game besar yang bersedia dijalankan pada platform ini.
  4. Beberapa hardware sulit untuk menyediakan driver untuk Linux. 
  5. Lebih sulit mengoperasikannya dibandingkan Windows.


4. Linux
Pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald. Merupakan sistem operasi open source artinya bisa dikembangkan oleh semua orang dengan bebas. Turunan dari Linux beberapa di antaranya yaitu: Debian, Suse, Red Hat (Fedora), Slackware, Ubuntu, Backtrack, dan lain-lain

Kelebihan:
  1. Linux bisa berinteraksi dengan operating system lain dengan cara : kompabilitas file system, kompabilitas network, dan emulasi (simulasi) operating system.
  2. Virtual memory membuat linux mempunyai kemampuan untuk menjalankan program – program yang lebih dari seharusnya karena penggunaan swap memori.
  3. Didukung oleh ribuan programmer di seluruh dunia, jadi kalau ditemukan bug cepat untuk mendapatkan solusinya, bahkan dalam hitungan jam kalau ditemukan bug, workaround sudah tersedia untuk di download.

Kekurangan:
  1. Operating system yang agak sulit untuk dipelajari terutama bagi yang tidak mempunyai dasar komputer yang kuat.
  2. Aplikasi yang tersedia belum sebanyak windows.
  3. Operating system yang tidak sepenuhnya GUI(Graphical User Interface) meskipun sudah menggunakan X-windows seperti GNOME dan KDE.


5. Machintos
Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat olehApple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM.

Kelebihan :
  1. Lebih stabil karena menggunakan UNIX.
  2. Multitasking.
  3. Bisa mengenal file format windows.


Kekurangan :
  1. Mahal, karena spesifikasi teknis mac memang tinggi. Asesorisnya dan spare part banyak tapi mahal.
  2. Hanya cocok untuk graphic designer.
  3. Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS. 


6. FREE BSD
FreeBSD adalah Sistem Operasi bertipe UNIX bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T. FreeBSD berjalan di atas sistem intel x86. FreeBSD sendiri kali pertama muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. Tujuan dari FreeBSD adalah menyediakan software yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. FreeBSD sendiri dikembangkan dari 386BSD sebuah proyek pengembangan BSD OS yang berjalan di atas Chip Intel.

Kelebihan
  1. Virus/Spyware yang menyerang sedikit
  2. Banyak terserdia aplikasi dan program gratis
  3. Relatif mudah dikustomisasi (diutak-atik) secara bebas
  4. Multiuser

Kekurangan
  1. Relatif sulit penggunaannya, karena masih text base dalam meng-command
  2. Dibandingkan Windows, GUI pada FreeBSD masih kurang
  3. Bagi para gamers, game system operasi ini sangat sedikit

7. SOLARIS
Sistem Operasi Solaris adalah sebuah Sistem Operasi yang berdasarkan UNIX system yang diperkenankan oleh Sun Microsystems oada tahun 1992 sebagai pendukung SunOS. Solaris terkenal karena kestabilannya, khususnya pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture), Solaris disertifikasi dalam Spesifikasi UNIX walaupun pada awal pengembangannya berdasarkan kepemilikan pribadi, dan kebanyakan kode dasarnya sekarang ini merupakan Software OpenSource yang biasa dikenal dengan OpenSolaris. OpenSolaris adalah OpenSource versi Sistem Operasi Sun Solaris, tetapi Sun Solaris terdiri dari lebih beberapa kode yang tidak hanya inti dari Sistem Operasi misalnya : Source untuk Installer, Desktop, Software.
Open Solaris memiliki banyak fitur yang menjadikan OpenSolaris bisa digunakan untuk skala penggunaan yang besar dari penggunaan untuk desktop pC atau Mobile PC. Konsep Open Solaris adalah sebagai berikut :
  • Free Redistribution : Didistribusi secara bebas.
  • Source Code : Sumber (Source) harus tersedia untuk semua distribusi.
  • Derived Works : Setiap orang bisa mengubah kode dan mendisrtibusikan kembali.
  • No Discrimination : Kode harus disediakan untuk seseorang untuk dikembagkan.

Kelebihan
  1. ZFS : System Rstore.
  2. DTrace L : Dapat mengamati dimana aplikasi banyak menggunakan waktunya dan berapa lama
  3. Manajemen Kegagalan : Mencegah, mendiagnosa dan memperbaiki error.
  4. Zona : Mengimplementasikan sebuah abstraksi Sistem Operasi yang memungkinkan beberapa aplikasi berjalan secara terisolasi satu dengan lainnya di perangkat keras fisik yang sama.


8. Android OS

Kelebihan :
  1. Open Source, alias gratis, sehingga para developer aplikasi Android OS tidak perlu bayar untuk membuat aplikasi untuk Android
  2. Pemakaiannya mudah
  3. Stabil dan aman, tidak seperti windows yang terkadang lag atau bahkan terkena virus.
  4. Multitasking
  5. Kemudahan dalam Notifikasi. Setiap ada SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen Ponsel Android, tak ketinggalan Lampu LED Indikator yang berkedip-kedip, sehingga Anda tidak akan terlewatkan satu SMS, Email ataupun Misscall sekalipun.
  6. Akses Mudah terhadap Ribuan Aplikasi Android lewat Play Store
  7. Pilihan Ponsel yang beranekaragam
  8. Bisa menginstal ROM yang dimodifikasi
  9. Widget. Dengan adanya Widget di homescreen, Anda bisa dengan mudah mengakses berbagai setting dengan cepat dan mudah.
  10. Google Maniak. Jika Anda pengguna setia layanan Google mulai dari Gmail sampai Google Reader, ponsel Android telah terintegrasi dengan layanan Google, sehingga Anda bisa dengan cepat mengecek email dari gMail.
Kekurangan :
  1. Karena masih baru, maka belum banyak aplikasi yang tersedia untuk android
  2. Bagi orang yang belum pernah memakainya mungkin akan sedikit membingungkan
  3. Masih sedikit yang memakai OS ini
  4. Koneksi internet yang terus menerus, kebanyakan ponsel Android memerlukan koneksi internet yang simultan alias terus menerus aktif.
  5. Iklan. Aplikasi di Ponsel Android memang bisa didapatkan dengan mudah dan gratis, namun konsekuensinya di setiap aplikasi tersebut, akan selalu Iklan yang terpampang, entah itu bagian atas atau bawah aplikasi.

0 komentar:

Posting Komentar