You can be happy or you can be unhappy. It's just according to the way you look at things. - Walt Disney

Sabtu, 18 Maret 2017

TUGAS 1 PEREKONOMIAN INDONESIA

3/18/2017 02:16:00 PM Posted by Visy Noor Widinda No comments


1.      Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan Sistem ekonomi adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasi sumber daya yang dimiliki, baik kepada individu maupun organisasi.


2.      Sistem Perekonomian Indonesia :

a)      Sistem Ekonomi Tradisional

Masyarakat yang mempunyai sistem ekonomi tradisional adalah masyarakat yang belum ada pembagian kerja, cara mendapatkan barang dengan barter (natura), belum mengenal uang sebagai alat pembayaran, produksi dan distribusi terbentuk karena tradisi dan hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri/masyarakat.

b)      Sistem Ekonomi Pancasila

Sistem ekonomi Pancasila yaitu sistem ekonomi yang didasari dari jiwa ideologi Pancasila yang dalamnya terdapat makna demokrasi ekonomi yakni suatu kegiatan ekonomi yang berdasarkan usaha bersama dengan asas kekeluargaan dan kegotong royongan dari, oleh, dan untuk rakyat dalam bimbingan dan pengawasan pemerintah.

c)      Sistem Ekonomi Liberal

Sistem ekonomi liberal adalah suatu sistem di mana negara memberi kebebasan kepada setiap orang untuk mengadakan kegiatan ekonomi. Sistem ini berdasar pada teori yang dikemukakan oleh Adam Smith (1723–1790) dalam bukunya yang berjudul The Wealth of Nations, yang diterbitkannya pada tahun 1776, dengan ajaran pokoknya memberikan kebebasan perseorangan di setiap sektor ekonomi.

d)     Sistem Ekonomi Terpusat/Sosialis

Sistem ekonomi sosialis adalah sistem ekonomi di mana seluruh kebijakan perekonomian ditentukan oleh pemerintah sedangkan masyarakat hanya menjalankan peraturan yang ditentukan. Sistem ekonomi ini berdasar pada teori yang dikemukakan oleh Karl Marx dalam bukunya yang berjudul ‘Das Kapital’ tahun 1867. Jadi sistem ini lebih bersifat memerintah, karena campur tangan pemerintah di bidang ekonomi melakukan pembatasan-pembatasan atas kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat.

e)      Sistem Ekonomi Campuran (Sosialis Dan Liberalis)

Sistem ekonomi campuran merupakan perpaduan antara sistem liberal dan sistem sosialis, yang mengambil garis tengah antara kebebasan dan pengendalian, yang juga berarti garis antara peran mutlak negara/kolektif dan peran menonjol individu. Pada sistem ekonomi campuran, antara pemerintah dengan masyarakat atau swasta bersama-sama untuk ikut meningkatkan kegiatan perekonomian. Pemerintah sebagai pengendali dan stabilisator kegiatan ekonomi, sedangkan masyarakat diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

3.      Saya setuju sistem ekonomi dan sistem politik dapat di ibaratkan dua sisi mata uang. Sistem ekonomi dan sistem politik tidak dapat di pisahkan. Hubungan keduanya saling berkaitan dengan segala bidang misalnya sosial, perdagangan, politik, teknologi, pariwisata dan lain-lain. Sistem politik tidak akan pernah terlepas dari sistem ekonomi karena keduanya saling mendorong kemajuan negara. Jika suatu negara mempunyai dan menjalankan sistem perekonomian yang baik dan cerdas maka sistem politiknya pun sama. Misalnya, berkurangnya korupsi karena dengan mempunyai sistem yang baik dan cerdas maka tidak ada celah untuk korupsi karena sistem di jalankan dengan baik.




Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar