You can be happy or you can be unhappy. It's just according to the way you look at things. - Walt Disney

Senin, 19 Desember 2016

TUGAS KE 7 PENGANTAR BISNIS : BISNIS INTERNASIONAL

12/19/2016 09:24:00 PM Posted by Visy Noor Widinda No comments


Nama : Visy Noor Widinda
Kelas  : 1EB03
NPM   : 27216569

Bisnis Internasional


Bisnis internasional dapat meningkatakan kinerja suatu perusahaan dengan meningkatkan pendapatan atau mengurangi beban. Salah satu dari kedua hasil tersebut akan mengarah ke laba yang lebih tinggi bagi perusahaan tersebut. Terdapat berbagai motif bagi bisnis internasional dan masing-masing motif tersebut memungkinkan perusahaan untuk memperoleh manfaat dengan cara yang dapat meningkatkan kinerja. Beberapa motif yang lebih umum untuk menjalankan bisnis internasional adalah menarik permintaan asing, memanfaatkan teknologi, menggunakan sumber daya yang murah, dan melakukan diversifikasi secara internasional. Perusahaan yang terlibat dalam bisnis internasional pada umumnya disebut sebagai perusahaan multinasional.

Beberapa perusahaan tidak dapat meningkatkan pangsa pasarnya di Amerika Serikat karena persaingan ketat dalam industri tersebut. Selain itu, permintaan akan produk perusahaan dapat turun karena selera pelanggan. Dalam salah satu dari kondisi tersebut, suatu perusahaan dapat mempertimbangkan pasar asing dimana terdapat peminatan potensial. Donald A Ball (2004) menyatakan bahwa bisnis internasional sebagai bisnis yang kegiatan-kegiatannya melewati batas-batas negara. Definisi ini tidak hanya termasuk perdagangan internasional dan perusahaan manufaktur di luar negeri tetapi juga industri jasa yang berkembang di bidang-bidang seperti transportasi, pariwisata, periklanan, konstruksi, perdagangan eceran, perdagangan besar dan komunikasi massa.

Transaksi bisnis dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain yang dikenal dengan perdagangan internasional. Melaksanakan bisnis internasional tentu saja akan lebih banyak memiliki hambatan ketimbang di pasar domestik. Negara lain tentu saja akan memiliki berbagai kepentingan yang sering kali menghambat pelaksanaan transaksi bisnis internasional. Disamping itu, kebiasaan atau budaya negara lain tentu saja akan berbeda dengan negara sendiri. Oleh karena itu, terdapat beberapa hambatan dalam bisnis internasional yaitu batasan perdangan, tarif bea cukai, perbedaan bahasa, kondisi hukum dan politik, dan hambatan operasional.



Daftar Pustaka:
Madura Jeff, 2007, Pengantar Bisnis, Buku Satu, Edisi Empat, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

0 komentar:

Posting Komentar