Nama : Visy Noor
Widinda
Kelas : 1EB03
NPM : 27216569
Manajemen
Pemasaran
Manajemen
pemasaran yang efektif biasanya mencakup perencanaan, strategi dari seluruh
usaha organisasi. Manajemen pemasaran dapat terjadi disebuah organisasi dalam
hubungan dengan pasarnya dan juga untuk mempengaruhi tingkat, jangkauan, waktu
dan komposisi permintaan dalam suatu cara sehingga membentuk organisasi untuk
mencapai sasarannya. Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, pelaksanaan, dan
pengawasan, program-program yang ditujukan utuk mengadakan pertukaran dengan
pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi (Kotler, 2012).
Hal ini sangat tergantung pada penawaran organisasi dalam memenuhi kebutuhan
dan keinginan pasar tersebut serta menentukan harga, mengadakan komunikasi, dan
distribusi yang efektif untuk memberitahu, mendorong serta melayani pasar. Maka
dengan demikian dapat dilihat bahwa proses manajemen pemasaran akan
meningkatkan efisiensi dan efektivitas.
Jadi dapat
dilihat bahwa manajemen pemasaran lebih menekankan pada fungsi penganalisaan
perencanaan atau penerapan serta pengawasannya. Untuk membuat suatu rencana,
fungsi penganalisaan sangat penting agar rencana yang dibuat dapat lebih matang
dan tepat. Dari segi lain, penerapan merupakan kegiatan untuk menjalankan
rencana, sedangkan fungsi terakhir dari manajemen adalah pengawasan, yaitu
fungsi pengendalian segala macam aktivitas agar tidak terjadi penyimpangan.
Jadi fungsi ini untuk menghadiri adanya penyimpangan yang mungkin terjadi. Pengusaha
yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk
mencapai sukses bagi perusahaanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah
baru yang disebut konsep pemasaran. Kotler (2012:17) menyatakan bahwa definisi
konsep pemasaran yaitu konsep pemasaran menyatakan bahwa kunci untuk meraih
tujuan organisasi adalah menjadi efektif daripada pesaing dalam memadukan
kegiatan pemasaran guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar
sasaran.
Daftar Pustaka
- Kotler Philip dkk, 2012, Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta.
- Swastha, Basu dan Irawan, 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Kesebelas, Liberty Offset, Yogyakarta
0 komentar:
Posting Komentar